Welcome to Ana's Blog

16 Desember 2009

Fenomena Di Balik Kampung idiot

Idiot berasal dari bahasa Yunani idiotes "Orang yang kekurangan profesional","Individual" darikata idios "pribadi". Dalam bahasa latin kata idiota berarti "Orang tak berpendidikan". Para medis dan psikologi abad ke 12 dan awal abad ke 20,"idiot" adalah orang yang memiliki tingkat IQ yang sangat rendah, sekitar dibawah 20.

Kata idiot sudah tak asing lagi di telinga masyarakat pada umumnya,namun kalau kita memdengar satu kampung mengalami cacat mental sangatlah mengagetkan. Betapa tragisnya ketika mendengar berita tersebut. Di sebuah Desa kecil yang letaknya di kota Ponorogo Jawa Timur hampir semua masyarakatnya mengalami keterbelakangan mental atau "idiot". Dari data Kabupaten Ponorogo ada 111 jiwa yang masuk kelompok keluarga dengan masalah keterbelakangan mental, sebagaimana data resmi desa setempat, mayoritas warga idiot ini berusia 40 tahun ke atas. Sebagian lain berusia antara 30-40 tahun, dan sebagian kecil adalah usia balita sampai dewasa. Dari total 1.756 KK yang tercatat di administrasi desa, 1.203 KK di antaranya hidup di bawah garis kemiskinan. Jumlah sebanyak itu sudah termasuk 49 KK yang sebagian atau seluruh anggota keluarganya mengalami keterbelakangan mental.

Kampung idiot??Bagaimana tidak, sedangkan asumsi makanan saja tidak terpenuhi. Mereka hidup dalam kemiskinan. Sungguh miris mendengarnya. Di Negara yang makmur seperti ini setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, walaupun tidak memakan nasi setiap harinya. Kita putar Zaman sebelumnya, mereka bercocok tanam untuk kebutuhan mereka, kenapa tidak kita contoh??!

Pemerintah Jawa Timur telah memberikan bantuan sebesar Rp1,9 miliar kepada sejumlah penderita
keterbelakangan mental (idiot) yang berada di Desa Karangpatihan, Kecamatan Balong, Kabupaten Ponorogo.

Pemberian diberikan secara simbolis oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo kepada Sekretaris Daerah Ponorogo Luhur Karsanto saat meresmikan Terminal Kertonegoro di Ngawi, Jatim, Senin."Bantuan ini dimaksudkan untuk meringankan beban warga yang tergolong tidak mampu karena keterbelakangan mental dan ekonomi di pelosok Ponorogo," ujarnya setelah meresmikan Terminal Ngawi.

Bantuan sebesar Rp1,9 miliar tersebut akan diberikan dalam bentuk pemberian 10 ekor ternak kambing dari Dinas Sosial Provinsi Jatim, dan 2 ton beras dari Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Jatim. Lalu, 10 tangki air bersih dari dari Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jatim, pembangunan sumur dari Dinas Pekerjaan Umum dan Pengairan Provinsi Jatim, serta bibit sayuran dari Dipertan Provinsi Jatim. "Kasus kampung idiot sebelumnya pernah disorot oleh berbagai pihak. Melalui bantuan ini diharapkan dapat membantu kehidupan warga miskin yang ada di sana," katanya.

Kampung Idiot kini telah ditangani oleh Pemerintah Jawa Timur. Semoga tidak terjadi kasus seperti ini lagi. Bantulah Orang-orang sisekitar kalian semampunya karena sekecil apapun itu balasannya akan lebih besar.


Sumber :

www.wikipedia.com

www.lintasberita.com/.../menyedihkan-menyibak-fenomena-kampung-idiot-di-ponorogo-jawa-timur-must-know

www.republika.co.id/.../Pemprov_Jatim_Bantu_Kampung_Idiot_Ponorogo_Rp_1_9_Miliar

7 komentar:

Welcome To Alzena's Blog mengatakan...

Wih..Topiknya cukup serem juga nih kedengerannya..ironis emang di zaman modern dan globalisasi dengan putaran informasi yang cepat kaya gini, masih ada aja kampung tertinggal kaya gitu....

*gw tunggu komen balesan lu di blog gw ya na...;)

Anonim mengatakan...

yah ampun... kasian banget warga yang tinggal di kampung tersebut. gara2 hidup dalam kemiskinan, warganya jadi mengalami keterbelakangan mental.

"na koment ke blog w ya"

aNa'bLog' mengatakan...

okey..trims kawan kawan!!

yulie rizki utami mengatakan...

ko kampung bsa idiot ya?
gmn cra pnanggulangannya ya??????????

rezauchiha mengatakan...

gmn caranya menanggulangi kampung yg diatas???

aNa'bLog' mengatakan...

sekarang sudah ada sebagian yg mengikuti terapi ko..

Anonim mengatakan...

maap, udah pernah kesana????

Buku Tamu


ShoutMix chat widget
 
Blogger design by suckmylolly.com