Welcome to Ana's Blog

22 November 2009

Pentingnya Sopan Santun

Coba deh kamu pikir bagaimana kalau sopan santun tidak diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari?? pasti banyak kata-kata yang gak enak untuk di dengar kn?!. Sopan santun memang sudah di ajarkan oleh orang tua kita sejak kecil, dimana seorang anak harus patuh pada orang tuanya, kakaknya, dan bisa menghargai adiknya. Setiap tingkah laku yang kita lakukan pastinya kita menginginkan orang lain menilai dengan baik. Tidak sulit untuk melakukan perbuatan yang bersifat positif orang lain. kalau kamu ingin di hargai dan di nilai baik oleh orang lain, lakukan lah sesuatu yang positif untuk orang lain.

Membahas tentang sopan santun, kalau dilihat dari kamus bahasa indonesia, sopan artinya hormat, tertib ,beradab, baik kelakuannya. sedangkan santun artinya halus dan baik tingkah lakunya, sabar dan tenang, penuh rasa belas kasihan. kalau saya simpulkan bahwa sopan santun amatlah penting di dalam kehidupan kita sehari-hari, karena sopan santun adalah tingkah laku yang baik untuk menciptakan suasana menjadi tertib, tenang dan bisa saling menghargai satu sama lainnya.

Seorang anak harus sudah diajarkan sopan santun dari sejak balita, karena seiring berkembangnya anak dia akan mencontohkan apa yang dia lihat disekitarnya. mereka adalah contoh bagi si anak dan Orang tua pastinya punya peranan penting. Maka jangan harap si anak bisa sopan kalau kitanya belum tahu bagaimana cara bersopan santun.

Contoh di kehidupan sehari-hari. Banyak anak kecil yang bicaranya kasar bahkan sangat kasar. Kalau ditilik-tilik perkataan orang dewasa sangat berpengaruh pada anak. Apa yang di ucapkan orang tuanya akan diserap oleh si anak. maka ajarkan sopan santun pada anak dari usia balita.


0 komentar:

Buku Tamu


ShoutMix chat widget
 
Blogger design by suckmylolly.com